Tips & Trik Menggunakan Tools Google Trends Untuk Menganalisis Potensi Pasar Produk Mie Instan Merek Indomie

Mie instan adalah makanan alternatif pengganti beras yang banyak dikonsumsi dan digemari semua golongan masyarakat Indonesia. Mulai dari anak – anak sampai dengan dewasa. Mie instan menjadi relatif dikalangan masyarakat Indonesia mie instan sendiri harganya relatif terjangkau, awet dan cara pengolahan sekaligus penyajiannya sederhana. Mie instan banyak mengandung karbohidrat, yang banyak menyumbang energi pada tubuh sehingga mie instan dapat dijadikan makanan alternatif pengganti nasi. Salah satu merek yang sampai saat ini masih menguasai pasar mie instan di Indonesia adalah Indomie.

Untuk mempermudah mengetahui kondisi pasar (riset pasar) peminat mie instan merek Indomie, maka cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan bantuan tools Google Trends. Google Trends memiliki banyak kegunaan untuk melakukan riset pasar, diantaranya a) berguna untuk mengetahui apa saja hal yang sedang populer saat ini dan apa saja topik yang paling sering dicari (kueri) oleh pengguna internet melalui mesin pencari Google menggunakan berbagai alat ektronik yang bisa terhubung dengan internet, b) berguna untuk mengetahui wilayah yang tren atau popularitas suatu produk tinggi (sangat populer) pada rentang waktu tertentu, c) Melihat popularitas suatu topik dalam waktu tertentu. Dengan melihat topik paling populer di mesin pencari Google, akan sangat membantu digital marketer, misal Content Writer atau Content Creator, untuk membuat konten untuk meningkatkan pengunjung situs web, channel Youtube, atau blog. d) Penentuan target. Dengan menggunakan Google Trends, kita dapat menemukan target pengunjung yang sedang tertarik suatu topik yang viral. Kita juga dapat melihat data statistik berdasarkan negara, kota, bahkan bahasa yang dapat dijadikan referensi dalam pembuatan produk baru atau pembuatan konten web dan media sosial (Instagram, Youtube, Facebook, Twiter dan lain – lain). e) Bahan perbandingan. Dengan Google Trends, pengunjung dapat membandingkan topik yang sedang dibahas dengan topik menarik dari wilayah yang lebih luas atau bahkan seluruh dunia. Membandingkan trend Google sangat membantu untuk pemasar pemula, Youtuber, blogger, dll. f) Menunjukkan frekuensi. Dengan tingkat frekuensi ini, pemasaran digital dapat menetapkan tujuan periklanan untuk produk barang atau layanan yang dipasarkan di suatu daerah. Berikut ini adalah trik menggunakan tools Google Trends untuk mengetahui kondisi pasar peminat mie Indomie Goreng,

I. Google Trends: Mencari tau varian rasa mie instan merek indomie

Perusahaan mie instan dengan merek Indomie tentunya memiliki berbagai varian rasa yang diproduksi. Untuk mempermudah mengetahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah dengan menggunakan bantuan Google Trends. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

  • Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.

  • Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, mie indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Kemudian untuk mengetahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah dengan cara scroll ke bawah. Selanjutnya ubah setting topik terkait dan kueri terkait yang awalnya “Meningkat” menjadi “Teratas”. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


Dari sinilah dapat diketahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dicari dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 12 Bulan terakhir adalah varian Mie Indomie Goreng. Nilai pencarian dengan skor 100 menunjukkan istilah, bahwasanya varian mie indomie goreng berada di puncak popularitas dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

II. Google Trends: Mengetahui grafik peminat varian mie indomie goreng

Dari riset yang berpedoman pada Google Trend, salah satu varian mie instan dengan merek Indomie yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 12 bulan terakhir adalah mie indomie goreng. Dari hasil riset tersebut dapat diketahui juga grafik peminat varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Apakah dalam kurun waktu 12 bulan terakhir peminat varian mie indomie goreng grafiknya naik turun atau stabil. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui secara spesifik grafik peminat varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

  • Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.
  • Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, Mie Indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Kemudian untuk mengetahui secara spesifik grafik peminat varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


Dari sinilah dapat diketahui secara spesifik grafik peminat varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Grafik tersebut menunjukkan bahwasannya peminat dan konsumsi varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan setiap bulannya mengalami naik turun. Namun, meskipun grafik menunjukkan naik turun, tidak ada penurunan secara drastis peminat varian mie indomie goreng. Hal itu menunjukkan bahwasannya varian mie indomie goreng masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai pengganti makanan pokok. 

III. Google Trends : Spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng

Dari riset yang berpedoman pada Google Trend, salah satu varian mie instan dengan merek Indomie yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 12 bulan terakhir adalah Mie Indomie Goreng. Dari hasil riset ini dapat diketahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng.

  • Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.


  • Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, Mie Indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Kemudian untuk mengetahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir adalah dengan cara scroll ke bawah. Maka akan muncul tampilan seperti ini.

Dari sinilah dapat diketahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir yaitu provinsi Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Kepulaan Riau dan Jambi. Kelima provinsi tersebut masuk ke dalam urutan provinsi dengan jumlah konsumsi varian mie indomie goreng terbanyak. Dari hasil spesifikasi konsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, maka berguna untuk mempertimbangkan ulang kata kunci produk atau merek yang akan dipasarkan. Tidak hanya itu saja, hasil secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir berguna untuk memilih target pasar berdasarkan segmen geografi.

IV. Google Trends : Mengetahui persaingan mie indomie dengan mie sedaap

Dari riset yang berpedoman pada Google Trends, maka dapat muncul target pasar (konsumen) yang begitu besar untuk memproduksi varian mie indomie goreng yang berpeluang akan digemari dan dikonsumi oleh masayarakat Indonesia. Dari target pasar mie instan varian mie indomie goreng yang begitu besar, tentunya menimbulkan peningkatan persaingan dikategori produk mie instan. Produk-produk mie instan yang ada dipasaran Mie Sarimi, Mie Supermi, Mie Sedaap, Mie ABC dan Mie Gelas. Saat ini pesaing dari varian mie indomie goreng adalah Mie Sedaap Goreng yang diproduksi oleh grub Wings Food. Mie Sedaap Goreng ini tentunya dapat mengancam pasar penjualan dari mie indomie goreng. Untuk mengetahui seberapa kuat mie sedaap goreng memberikan persaingan kepada pasar mie indomie goreng yaitu bisa menggunakan bantuan tools Google Trends. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui seberapa kuat mie sedaap goreng memberikan persaingan kepada pasar mie indomie goreng.

  • Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.


  • Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, Mie Indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini. Disebelah kanan ada isian “Bandingkan”, maka diberikan isi “Mie Sedaap Goreng”.


  • Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


  • Kemudian untuk mengetahui secara spesifik grafik persaingan antara peminat varian mie indomie goreng dengan mie sedaap dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


Dari sinilah dapat diketahui secara spesifik grafik persaingan antara peminat varian mie indomie goreng dengan mie sedaap dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Warna biru menunjukkan peminat mie indomie goreng, sedangkan warna merah menunjukkan peminat mie sedaap goreng. Dari hasil riset persaingan antara peminat varian mie indomie goreng dengan mie sedaap, maka dapat disimpulkan bahwasannya di kurun waktu 12 bulan terakhir mie indomie lebih mendominasi pasar mie instan di Indonesia. Akan tetapi, mie sedaap goreng juga pernah mendominasi pasar mie instan Indonesia meskipun hanya terjadi 2 kali.

KESIMPULAN

Dengan munculnya suatu peluang pasar yang terbuka lebar, tentunya dalam mengusai pasar haruslah melewati beberapa tahapan yang harus dilakukan. Salah satu tahapan yang wajib dilakukan adalah dengan cara melakukan riset pasar. Riset pasar adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah di bidang pemasaran.  Saat ini riset pasar dapat dilakukan dengan berbagai bantuan tools yang tersedia secara gratis. Salah satu tools yang berguna untuk melakukan riset pasar adalah Google Trends. Google Trends terbukti bisa memberikan analisis riset pasar yang matang. Dari hasil riset menggunakan google trends, maka bisa mengetahui persaingan produk yang akan dipasarkan. Dari hasil riset mengenai persaingan produk yang akan dipasarkan, maka akan muncul solusi bagaimana memenangkan persaingan tersebut.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tips & Trik Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Analisis Strategi Bauran Pemasaran Penjualan Produk Sepatu Patrobas 1945

5 Tips & Trik Singkat Merawat Sepatumu Agar Awet