Tips & Trik Menggunakan Tools Google Trends Untuk Menganalisis Potensi Pasar Produk Mie Instan Merek Indomie
Mie instan adalah makanan alternatif
pengganti beras yang banyak dikonsumsi dan digemari semua golongan masyarakat
Indonesia. Mulai dari anak – anak sampai dengan dewasa. Mie instan menjadi relatif
dikalangan masyarakat Indonesia mie instan sendiri harganya relatif terjangkau,
awet dan cara pengolahan sekaligus penyajiannya sederhana. Mie instan banyak
mengandung karbohidrat, yang banyak menyumbang energi pada tubuh sehingga mie
instan dapat dijadikan makanan alternatif pengganti nasi. Salah satu merek yang
sampai saat ini masih menguasai pasar mie instan di Indonesia adalah Indomie.
Untuk mempermudah mengetahui kondisi pasar
(riset pasar) peminat mie instan merek Indomie, maka cara yang dapat dilakukan
yaitu menggunakan bantuan tools Google Trends. Google Trends
memiliki banyak kegunaan untuk melakukan riset pasar, diantaranya a)
berguna untuk mengetahui apa saja hal yang sedang populer saat ini dan apa saja
topik yang paling sering dicari (kueri) oleh pengguna internet melalui mesin
pencari Google menggunakan berbagai alat ektronik yang bisa terhubung
dengan internet, b) berguna untuk mengetahui wilayah yang tren atau
popularitas suatu produk tinggi (sangat populer) pada rentang waktu tertentu, c)
Melihat popularitas suatu topik dalam waktu tertentu. Dengan melihat topik
paling populer di mesin pencari Google, akan sangat membantu digital
marketer, misal Content Writer atau Content Creator, untuk
membuat konten untuk meningkatkan pengunjung situs web, channel Youtube,
atau blog. d) Penentuan target. Dengan menggunakan Google
Trends, kita dapat menemukan target pengunjung yang sedang tertarik suatu
topik yang viral. Kita juga dapat melihat data statistik berdasarkan negara, kota,
bahkan bahasa yang dapat dijadikan referensi dalam pembuatan produk baru atau
pembuatan konten web dan media sosial (Instagram, Youtube, Facebook, Twiter dan
lain – lain). e) Bahan perbandingan. Dengan Google Trends,
pengunjung dapat membandingkan topik yang sedang dibahas dengan topik menarik
dari wilayah yang lebih luas atau bahkan seluruh dunia. Membandingkan trend Google
sangat membantu untuk pemasar pemula, Youtuber, blogger, dll. f) Menunjukkan
frekuensi. Dengan tingkat frekuensi ini, pemasaran digital dapat menetapkan
tujuan periklanan untuk produk barang atau layanan yang dipasarkan di suatu
daerah. Berikut ini adalah trik menggunakan tools Google Trends untuk
mengetahui kondisi pasar peminat mie Indomie Goreng,
I. Google Trends: Mencari tau varian rasa mie instan
merek indomie
Perusahaan mie instan dengan merek Indomie tentunya memiliki berbagai varian rasa yang diproduksi. Untuk mempermudah mengetahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah dengan menggunakan bantuan Google Trends. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
- Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.
- Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, mie indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
- Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
- Kemudian untuk mengetahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah dengan cara scroll ke bawah. Selanjutnya ubah setting topik terkait dan kueri terkait yang awalnya “Meningkat” menjadi “Teratas”. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
Dari
sinilah dapat diketahui varian rasa mie instan merek Indomie yang banyak dicari
dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 12 Bulan terakhir
adalah varian Mie Indomie Goreng. Nilai pencarian dengan skor 100 menunjukkan
istilah, bahwasanya varian mie indomie goreng berada di puncak popularitas
dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.
II. Google Trends:
Mengetahui grafik peminat varian mie indomie goreng
Dari riset yang berpedoman pada Google Trend, salah satu varian mie instan dengan merek Indomie yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 12 bulan terakhir adalah mie indomie goreng. Dari hasil riset tersebut dapat diketahui juga grafik peminat varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Apakah dalam kurun waktu 12 bulan terakhir peminat varian mie indomie goreng grafiknya naik turun atau stabil. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui secara spesifik grafik peminat varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.
- Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.
- Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, Mie Indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
- Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
- Kemudian untuk mengetahui secara spesifik grafik peminat varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
Dari
sinilah dapat diketahui secara spesifik grafik peminat varian mie indomie
goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Grafik tersebut menunjukkan
bahwasannya peminat dan konsumsi varian mie indomie goreng dalam kurun waktu 12
bulan setiap bulannya mengalami naik turun. Namun, meskipun grafik menunjukkan
naik turun, tidak ada penurunan secara drastis peminat varian mie indomie
goreng. Hal itu menunjukkan bahwasannya varian mie indomie goreng masih banyak
diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai pengganti makanan pokok.
III. Google Trends :
Spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie
Indomie Goreng
Dari riset yang berpedoman pada Google Trend, salah satu varian mie instan dengan merek Indomie yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 12 bulan terakhir adalah Mie Indomie Goreng. Dari hasil riset ini dapat diketahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng.
- Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.
- Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, Mie Indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
- Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
- Kemudian untuk mengetahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan terakhir adalah dengan cara scroll ke bawah. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
Dari
sinilah dapat diketahui secara spesifik sebaran wilayah yang paling banyak
mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan
terakhir yaitu provinsi Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Kepulaan
Riau dan Jambi. Kelima provinsi tersebut masuk ke dalam urutan provinsi dengan
jumlah konsumsi varian mie indomie goreng terbanyak. Dari hasil spesifikasi
konsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 12 bulan
terakhir, maka berguna untuk mempertimbangkan ulang kata kunci produk atau
merek yang akan dipasarkan. Tidak hanya itu saja, hasil secara spesifik sebaran
wilayah yang paling banyak mengkonsumsi mie instan varian Mie Indomie Goreng
dalam kurun waktu 12 bulan terakhir berguna untuk memilih target pasar
berdasarkan segmen geografi.
IV. Google Trends
: Mengetahui persaingan mie indomie dengan mie sedaap
Dari riset yang berpedoman pada Google Trends, maka dapat muncul target pasar (konsumen) yang begitu besar untuk memproduksi varian mie indomie goreng yang berpeluang akan digemari dan dikonsumi oleh masayarakat Indonesia. Dari target pasar mie instan varian mie indomie goreng yang begitu besar, tentunya menimbulkan peningkatan persaingan dikategori produk mie instan. Produk-produk mie instan yang ada dipasaran Mie Sarimi, Mie Supermi, Mie Sedaap, Mie ABC dan Mie Gelas. Saat ini pesaing dari varian mie indomie goreng adalah Mie Sedaap Goreng yang diproduksi oleh grub Wings Food. Mie Sedaap Goreng ini tentunya dapat mengancam pasar penjualan dari mie indomie goreng. Untuk mengetahui seberapa kuat mie sedaap goreng memberikan persaingan kepada pasar mie indomie goreng yaitu bisa menggunakan bantuan tools Google Trends. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Trends untuk mengetahui seberapa kuat mie sedaap goreng memberikan persaingan kepada pasar mie indomie goreng.
- Gunakan browser web untuk membuka https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID atau buka laman Google Trends melalui search engine Google. Maka akan muncul tanpilan seperti ini.
- Cari kata kunci (keywords, satu atau beberapa kata) yang menggambarkan produk atau hal yang akan diriset, Misalnya, Mie Indomie. Maka akan muncul tampilan seperti ini. Disebelah kanan ada isian “Bandingkan”, maka diberikan isi “Mie Sedaap Goreng”.
- Lihat grafik untuk melihat tren berdasarkan waktu dan lokasi, serta melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari pada lokasi tertentu, misal berdasarkan provinsi dan kota di Indonesia. Lokasi dapat dilihat lebih detail dengan klik nama lokasi. Dan setting waktunya misalnya diatur 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
- Kemudian untuk mengetahui secara spesifik grafik persaingan antara peminat varian mie indomie goreng dengan mie sedaap dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
Dari
sinilah dapat diketahui secara spesifik grafik persaingan antara peminat varian
mie indomie goreng dengan mie sedaap dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Warna
biru menunjukkan peminat mie indomie goreng, sedangkan warna merah menunjukkan
peminat mie sedaap goreng. Dari hasil riset persaingan antara peminat varian
mie indomie goreng dengan mie sedaap, maka dapat disimpulkan bahwasannya di
kurun waktu 12 bulan terakhir mie indomie lebih mendominasi pasar mie instan di
Indonesia. Akan tetapi, mie sedaap goreng juga pernah mendominasi pasar mie
instan Indonesia meskipun hanya terjadi 2 kali.
KESIMPULAN
Dengan munculnya suatu peluang pasar yang
terbuka lebar, tentunya dalam mengusai pasar haruslah melewati beberapa tahapan
yang harus dilakukan. Salah satu tahapan yang wajib dilakukan adalah dengan
cara melakukan riset pasar. Riset pasar adalah proses identifikasi,
pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik
dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan
identifikasi dan penyelesaian masalah di bidang pemasaran. Saat ini riset pasar dapat dilakukan dengan
berbagai bantuan tools yang tersedia secara gratis. Salah satu tools yang
berguna untuk melakukan riset pasar adalah Google Trends. Google Trends terbukti
bisa memberikan analisis riset pasar yang matang. Dari hasil riset menggunakan
google trends, maka bisa mengetahui persaingan produk yang akan dipasarkan.
Dari hasil riset mengenai persaingan produk yang akan dipasarkan, maka akan
muncul solusi bagaimana memenangkan persaingan tersebut.
Komentar
Posting Komentar