Tips & Trik Menggunakan Tools Google Docs Untuk Menganalisis Potensi Pasar Produk Mie Instan Merek Indomie Dengan Skala Likert
Mie instan adalah makanan alternatif
pengganti beras yang banyak dikonsumsi dan digemari semua golongan masyarakat
Indonesia. Mulai dari anak – anak sampai dengan dewasa. Mie instan menjadi relatif
dikalangan masyarakat Indonesia mie instan sendiri harganya relatif terjangkau,
awet dan cara pengolahan sekaligus penyajiannya sederhana. Mie instan banyak
mengandung karbohidrat, yang banyak menyumbang energi pada tubuh sehingga mie
instan dapat dijadikan makanan alternatif pengganti nasi. Salah satu merek yang
sampai saat ini masih menguasai pasar mie instan di Indonesia adalah Indomie.
Untuk mengetahui seberapa banyak
masyarakat yang mengetahui tentang produk mi indomie goreng, maka langkah yang
dapat dilakukan adalah dengan melakukan riset pasar. Riset pasar dilakukan
untuk mengetahu seberapa banyak potensi pasar mie indomie goreng. Untuk
melakukan potensi riset pasar, maka tools gratis yang dapat digunakan
adalah Google Docs.
Dengan melakukan potensi riset pasar mie
indomie goreng menggunakan tools Google Docs, diharapakan memiliki
beberapa manfaat yang bisa diambil oleh penulis dan pembaca laporan ini.
Manfaat yang dapat diambil seperti bisa mengetahui seberapa besar potensi pasar
mie indomie goreng. Dari potensi pasar yang telah diketahui, maka muncul suatu
analisis produk mie indomie untuk memenangkan atau mengusai pasar mie instan di
kalangan masyarakat Indonesia.
Selain itu dengan menggunakan tools
Google Docs untuk mengetahui potensi pasar mie indomie goreng di kalangan
masyarakat Indonesia, diharapkan dapat mengetahui suatu ancaman produk – produk
pesaing mie indomie goreng. Dari persaingan tersebut, munculah suatu analisis
untuk mengetahui solusi yang dapat diambil untuk memenangkan pasar mie instan
di Indonesia.
Dengan menggunakan bantuan Google Docs, maka bisa mendapatkan suatu data primer yang berasal dari responden. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Docs untuk mengetahui potensi pasar peminat mie indomie goreng masyarakat Indonesia.
- Login terlebih dahulu ke tautan https://docs.google.com/forms
- Setelah muncul tampilan seperti ini. Berikutnya pilih halaman “kosong”.
- Kemudian tuliskan kalimat pengantar untuk untuk menjelaskan tujuan dari pembuatan kuesioner atau permohonan responden untuk menjawab.
- Pada bagian “formulir tanpa judul” saya isi dengan kalimat “Survei Pendapat Konsumen Terhadap Ketertarikan Mengkonsumsi Mie Indomie Goreng”
- Kemudian pada bagian “deskripsi formulir” saya isi dengan kalimat “Hai teman-teman, saya sedang melakukan survey mengenai pendapat konsumen terhadap ketertarikan mengkonsumi Mie Indomie Goreng. Mohon bantuannya untuk mengisi kuisioner ini ya...... Terima kasih orang - orang baik :-) !!!”
- Menuliskan pertanyaan pada bagian yang pertama. Pertanyaan pertama yang saya gunakan yaitu “Apakah anda pernah mengkonsumsi atau membeli Mie Indomie Goreng?”. Kemudian setting jawaban menggunakan skala linier 1 hingga 5 dengan diberi label urutan seperti ini :
- Menuliskan pertanyaan pada bagian yang pertama. Pertanyaan pertama yang saya gunakan yaitu “Apakah anda setuju mie indomie goreng bisa digunakan sebagai makanan instan pengganti nasi?”. Kemudian setting jawaban menggunakan skala linier 1 hingga 5 dengan diberi label urutan seperti ini.
- Menuliskan pertanyaan pada bagian yang pertama. Pertanyaan pertama yang saya gunakan yaitu “Seberapa sering anda mengkonsumi Mie Indomie Goreng dalam kurun waktu 1 minggu sekali?”. Kemudian setting jawaban menggunakan skala linier 1 hingga 5 dengan diberi label urutan seperti.
- Mengirimkan tautan ke responden kepada temen – temen disekitar dengan cara salin (copy) dan tempel (paste) ke berbagai platform pesan cepat. Contoh: https://bit.ly/Riset-Pasar-Mie-Indomie-Goreng
- Setelah mendapatkan responden dari orang yang telah mengisi kuesioner, maka kita bisa melihat secara spesifik hasil grafik dari pertanyaan – pertanyaan yang telah diajukan.
- Selanjutnya yaitu mengolah data kuesioner dengan cara pengolahan skala Likert menggunakan tools Google Spreadsheet. Cara membuka tools Google Spreadsheet yaitu dengan cara pilih ke menu jawaban. Kemudian klik logo Google Spreadsheet.
- Setelah membuka tools Google Spreadsheet, maka selanjutnya saya mengolah data menggunakan skala Likert. Untuk mengetahui berapa persen potensi responden mengetahui tentang mie indomie goreng, maka saya menggunakan acuan skala likert sebagai berikut
- Kemudian melakukan perhitungan skor akhir di setiap pertanyaan. Disini kuesioner saya di isi atau dijawab oleh 20 orang responden. Diketahui: 20 orang responden, 5 acuan skor akhir untuk skala liner (Likert) dalam persen, terdapat 3 pertanyaan yang diajukan.
- Menghitung skor akhir di setiap pertanyaan. Rumus untuk menghitung skor akhir di setiap pertanyaan yaitu :
- Selesai melakukan potensi riset produk mie indomie goreng menggunakan tools Google Docs.
Dengan munculnya suatu peluang pasar yang
terbuka lebar, tentunya dalam mengusai pasar haruslah melewati beberapa tahapan
yang harus dilakukan. Salah satu tahapan yang wajib dilakukan adalah dengan
cara melakukan potensi riset pasar. Riset pasar adalah proses identifikasi,
pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik
dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan
identifikasi dan penyelesaian masalah di bidang pemasaran. Dengen melakukan riset pasar, maka bisa
diketahui kemudian dianalisis potensi – potensi untuk menguasi pasar mie instan
di Indonesia. Saat ini untuk mengetahui potensi riset pasar dapat dilakukan
dengan berbagai bantuan tools yang tersedia secara gratis. Salah satu tools
yang berguna untuk melakukan riset pasar adalah Google Docs. Dengan
bantuan Google Docs, maka dapat diketahui seberapa popular produk mie
indomie goreng. Dari hasil riset potensi pasar mie indomie goreng menggunakan Google
Docs, maka muncul suatu strategi promosi yang dapat dilakukan supaya bisa
menguasai produk mie instan yang lainnya. Strategi yang muncul bisa dari
menambah varian rasa mie instan merk indomie, menambah iklan secara digital
diberbagai platform dan lain sebagainya.
Komentar
Posting Komentar